Front Offcice adalah bagian dalam hotel
yang bertanggung jawab dalam penjualan kamar hotel, baik yang melalui pemesanan
ataupun tanpa pemesanan/reservation.
Front Office Department memiliki 6 Section, diantaranya:
- Reservation Section
- Reception Section
- Information Section
- Uniform Section
- Telephone Operator Section
- Guest Chasier Section
- Reservation Section
- Reception Section
- Information Section
- Uniform Section
- Telephone Operator Section
- Guest Chasier Section
·
Program
Produktif
# Bekerja dengan teman kerja dan pelanggan
# Bekerja dilingkungan yang berbeda secara sosial
# Mengikuti prosedur kesehatan, keselamatan dan keamanan di tempat kerja
# Berkomunikasi melalui telepon
# Menerima dan memproses Reservasi
# Menyediakan layanan akomodasi reception
# Menyediakan jasa Porter
# Menyediakan layanan Housekeeping untuk tamu
# Membersihkan lokasi / area dan peralatan
# Mengembangkan dan memperbaharui pengetahuan industry perhotelan
# Menyiapkan Kamar tamu
# Menangani linen dan pakaian tamu
# Bekerja dengan teman kerja dan pelanggan
# Bekerja dilingkungan yang berbeda secara sosial
# Mengikuti prosedur kesehatan, keselamatan dan keamanan di tempat kerja
# Berkomunikasi melalui telepon
# Menerima dan memproses Reservasi
# Menyediakan layanan akomodasi reception
# Menyediakan jasa Porter
# Menyediakan layanan Housekeeping untuk tamu
# Membersihkan lokasi / area dan peralatan
# Mengembangkan dan memperbaharui pengetahuan industry perhotelan
# Menyiapkan Kamar tamu
# Menangani linen dan pakaian tamu
Struktur organisasi di kantor
depan hotel dipengaruhi oleh besar atau kecilnya hotel, banyak atau sedikitnya
jumlah karyawan serta sistem operasional yang digunakan di hotel. Semakin besar
hotel semakin rumit pula struktur yang digunakan, begitu pula sebaliknya jika
hotel itu kecil, maka strukturnya organisasinya pun sederhana. Berikut ini
adalah contoh struktur organisasi kantor depan pada hotel besar ;
Jika
dilihat dari struktur organisasi diatas bahwa pimpinan tertinggi dibagian ini
adalah Front Office Manager yang membawahi para manager, Chief atau Chef.
Adapun petugas bawahannya adalah Executive Lounge Assistant, Guest Relation
Supervisor , Front Desk Supervisor, Reservation Agent, Business Service, Bell
Captain, Airport Representative, Guest Relation Officer(GRO), Telephone
Operator, Front Desk Agent (FDA), Reservation Agent, Doorman/doorgirl,
Bellman.Berikut ini adalah deskripsi pekerjaan di bagian kantor depan:
v
Front Office Manager
ü
Area
kerja : front office area, executive floor, business center
ü
Ringkasan
pekerjaan: menciptakan kepuasan tamu dan memberi kesan positif bagi tamu di
area kerjanya
ü
Melapor
kepada: General Manager
ü
Staf
bawahan: semua staff front office
Tugas pokok:
1. Menyeleksi, menempatkan,
melatih dan mengevaluasi karyawan front office.
2. Memastikan bahwa semua
staff di front office menguasai sistem komputer hotel, etika menerima telepon
dan standard operasional yang ada di hotel.
3. Menjaga keharmonisan kerja
dengan penjualan dan pemasaran tentang harga kamar
4. Menyambut tamu VIP
5. Menangani keluhan tamu yang
tidak bisa diselesaikan oleh bawahannya
6. Membuat laporan bulanan
tentang daftar tamu, tingkat hunian maupun untung/rugi di bagian kantor depan
7. Menjaga kedisiplinan
petugas kantor depan dengan memberikan peringatan dan sanksi bagi yang
melanggar ketentuan.
8. Meningkatkan kualitas dan
prestasi karyawan yang berprestasi dengan memberikan penghargaan
9. Membuat budget tahunan,
menganalisis operasi dan pendapatan hotel secara harian dari sisi pendapatan,
rata-rata harga kamar
v Assistant Front Office
Manager
ü Area kerja: front office,
executive floor, business center.
ü Ringkasan pekerjaan:
membantu kelancaran tugas di front office dan menggantikan front office manager
ketika berhalangan dan mengkordinir beberapa tugas sesuai dengan deskripsi
pekerjaannya nya
ü Atasan langsung: Front
Office Manager
ü Staff bawahan: Duty
Manager, FO Supervisor, Supervisor level lainnya
di departemen Front Office
di departemen Front Office
Tugas
pokok:
1. Membantu pekerjaan Front
Office Manager dalam hal kontrol dan administrasi.
2. Membuat jadual kerja Duty
Manager,Receptionist, Telephone Operator, GRO dan concierge.
3. Memantau operasional di
front office
4. Mengarahkan dan mengawasi
terhadap pekerjaan reception dan concierge.
5. Memimpin briefing pada
waktu shift malam
6. Terjun ke operasional hotel
pada saat ramai tamu
7. Menghadiri briefing pagi
manajemen hotel, mewakili Front Office Manager jika berhalangan hadir.
8. Menangani keperluan tamu
yang membutuhkan bantuan.
v Duty Manager
ü Area kerja: front office dan
seluruh hotel yang ada hubungannya dengan tamu di hotel.
ü Ringkasan pekerjaan:
mendukung pekerjaan operasional kantor depan secara menyeluruh dan mengontrol
operasional lintas departemen untuk shift tertentu.
ü Atasan langsung: Front
Office Manager
ü Staff bawahan: Front Office
Supervisor, Front Office Staff, Guest Relation Officer, Concierge,
Business Center Secretary.
Tugas pokok:
1. Membantu tugas Front Office
Manager dan Asssistant FOM dalam melakukan tugas operasional di front office.
2. Mendukung kelancaran proses
check-in dan check-out di front office.
3. Menangani kesulitan tamu
dan staff di front desk
4. Mengontrol operasional di
seputar front office antara lain lobby, restoran, bar, lounge koridor dan kamar
tamu.
5. Membuat laporan setiap
shift tentang temuan dan kejadian selama jam kerjanya.
6. Menyambut tamu VIP bersama
dengan Front Office Manage
v Executive Lounge Manager
ü Area kerja: executive
lounge, executive rooms
ü Ringkasan pekerjaan:
menjamin kepuasan tertinggi tamu dan staf menurut standar pelayanan sesuai
dengan ketentuan di lantai eksekutif serta bertanggungjawab atas segala aspek
operasional di lantai eksekutif.
ü Atasan langsung: Assistant
FOM
ü Staf bawahan: Executive
Lounge Assistant Manager
Tugas pokok:
Tugas pokok:
1. Memastikan bahwa laporan
dan korespondensi untuk departemen telah terpenuhi dengan tepat dan teliti
2. Memastikan bahwa jadual
telah ditetapkan dengan baik
3. Memastikan bahwa data tamu
selalu diperbaharui
4. Mengawasi dan memesan
barang kebutuhan di lantai eksekutif
5. Membantu dalam membangun
efisien tim dengan memperhatikan kesejahteraan, keselamatan, training dan
pengembangan staf
6. Melaksanakan evaluasi
karyawan dan meninjau penampilan keseluruhan, mendiskusikan penampillan dan
bidang untuk perbaikan
7. Mengawasi para staf selalu
melakukan metode dan standar yang telah ditetapkan
8. Memastikan bahwa staf
mendapat informasi yang cukup mengenai kebijaksaan hotel sehubungan dengan
pemadam kebakaran, kesehatan, tunjangan dan keamanan
9. Mempelajari dan
mengevaluasi operasional dan standar prosedur di executive lounge serta
memberikan saran untuk perubahan yang diperlukan.
v Front Desk Supervisor
ü Area kerja: front office
ü Ringkasan pekerjaan:
memberikan layanan penerimaan dan keberangkatan tamu di hotel dengan memberikan
petunjuk kepada staff front desk serta mengontrol kode akses komputer di front
desk.
ü Atasan langsung: Duty
Manager
ü Staff bawahan: Front Desk
Agent
Tugas pokok:
Tugas pokok:
1. Mengarahkan tugas
operasional penerimaan tamu di front office
2. Menangani keluhan tamu yang
tidak bisa diatasi oleh Front Desk Agent
3. Memberi persetujuan
transaksi paid out tamu untuk jumlah tertentu
4. Memberi persetujuan penggunaan
housebank oleh Front Desk Agent
5. Mengarahkan langkah
persiapan penerimaan grup
6. Mengatur jadwal setiap
staff front desk.
v Chief Concierge
ü Area kerja: pintu masuk
hotel, lobby, bell desk, counter
ü Ringkasan pekerjaan:
memastikan bahwa semua tamu mendapatkan pengalaman yang menyenangkan di area
pintu masuk hotel, lobby, bell desk
ü Atasan langsung : Front
Office Manager
ü Staff bawahan: Bellman,
Doorman, Airport Representative
Tugas pokok:
Tugas pokok:
1. Memastikan bahwa semua
staff di bagian concierge mendapatkan training tentang hotel sistem, etiket
bertelepon, standar penampilan serta filosofi hotel.
2. Memberikan training ke
staff tentang: prosedur penanganan barang bawaan untuk tamu VIP dan rombongan,serta
penanganan keluhan tamu
3. Mengimplementasikan visi
dan misi perusahaan
4. Menyediakan peta kota,
pengaturan reservasi tiket pesawat dan angkutan darat serta laut, sebagai
penyedia informasi tentang aktivitas rekreasi, sosial dan keagamaan.
5. Memastikan bahwa sarana
komunikasi yang berupa papan informasi(sign board) di lobby selalu benar dan
akurat.
v Business Centre Supervisor
ü Area kerja: area pusat
bisnis
ü Ringkasan pekerjaan:
mengatur dan mengarahkan segala aspek fungsi dari pusat bisnis untuk mencapai
kepuasan yang tertinggi dari tamu.
ü Atasan langsung: assistant
FOM
ü Staff bawahan: Bussiness
Centre Secretary
Tugas pokok:
Tugas pokok:
1. Mengawasi staf untuk
menjamin kepuasan tamu yang maksimal melalui penghargaan diri dan perhatian
yang hangat dan tepat
2. Mengatur dan menyediakan
arahan yang baik untuk keseluruhan maupun pelaksanaan sehari-hari dan
administrasi untuk semua bagian dalam pusat bisnis
3. Memberikan penilaian
terhadap penampilan, kedisiplinan dan efesiensi semua karyawan di bawah
pengawasannya serta berinisatif untuk mengambil tindakan bila diperlukan
4. Mengontrol dan menganalisa
secara berkelanjutan, biaya pengeluaran departemen sehari-hari untuk menjamin
bahwa pengeluaran tidak melebihi anggaran.
v Bell Captain
ü Area kerja: front office,
lobby, kamar tamu
ü Ringkasan pekerjaan:
mengurus barang bawaan tamu pada saat datang, selama menginap di hotel maupun
akan pergi meninggalkan hotel.
ü Atasan langsung: Chief
Concierge
Tugas pokok:
Tugas pokok:
1. Mengatur tugas setiap
Bellboy
2. Menerima dan menyimpan
barang tamu yang dititipkan di concierge
3. Mencatat dan membukukan
setiap barang tamu yang telah disimpan di luggage room.
4. Memastikan luggage room
bersih dan teratur
5. Mengontrol setiap barang
yang disimpan atau masih berada di lobby mempunyai tanda pengenal/ pass nomor
barang yang jelas.
6. Mengatur Bellboy untuk
menyiapkan trolley atau kendaraan barang dalam menjemput bus rombongan yang
akan ke hotel.
7. Mengarahkan semua Bellboy
di setiap shift kerja.
RESERVATION
☻ NAMA JABATAN : RESERVATIONIST
☻ NAMA JABATAN : RESERVATIONIST
☻ DIVISI
: ROOM DIVISION
☻ DEPARTEMEN
: FRONT OFFICE
Tugas
& Tanggung jawab Reservation Section
Tugas
utama reservation staff adalah mencatat dan memproses seluruh pemesanan kamar
secara akurat sekaligus mempromosikan produk hotel serta menciptakan &
menjaga citra hotel yang baik melalui pemberian pelayanan yang maksimal.
Adapun
rincian tugas reservation staff yaitu:
1. Menjual produk hotel dengan
cara melakukan tehnik penjualan
2. Mempromosikan produk dan
fasilitas hotel
3. Mempertahankan pengetahuan
tentang produk dan pelayanan yang ada di hotel seperti harga & fasilitas
promosi, harga khusus dll
4. Menjalin hubungan yang baik
dengan tamu serta mengantisipasi kebutuhan tamu
5. Mencatat dan memproses
pemesanan yang dilakukan dengan berbagai macam media
6. Menerima pemesanan kamar
yang ada dalam daftar tunggu (waiting list)
7. Memproses perubahan
pemesanan kamar
8. Mencatat metode pembayaran
yang sudah di atur khusus untuk tamu rombongan dan konvensi
9. Melakukan tindakan
pencegahan untuk menghindari tamu no show
10. Meminta persetujuan FOM
atau finance manager untuk pemesanan kamar yang menginginkan pembayaran kredit
11. Membuat laporan reservasi
12. Mengarsip data pemesanan
kamar secara akurat.
v Dasar-dasar reservasi.
1. Manfaat pemesanan kamarAda beberapa manfaat yang diperoleh hotel dalam proses pemesanan kamar, yaitu:
- Hotel akan mendapatkan informasi dari calon tamu sebelum tamu tiba, sehingga hotel menyiapkan perlengkapan yang diperlukan pada saat check in.
- Hotel dapat memblocking kamar, sehingga tingkat hunian kamar dapat diketahui dalam jangka waktu tertentu.
- Hotel dapat membuat perkiraan, sehingga perkiraan tingkat hunian kamar pada periode tertentu pula sehingga memudahkan pengaturan kebutuhan dan pelayanan kepada pihak tamu.
Sedangkan manfaat yang dapat diperoleh jika tamu melakukan
pemesanan kamar yaitu:
1. Manfaat pemesanan kamarAda beberapa manfaat yang diperoleh hotel dalam proses pemesanan kamar, yaitu:
- Hotel akan mendapatkan informasi dari calon tamu sebelum tamu tiba, sehingga hotel menyiapkan perlengkapan yang diperlukan pada saat check in.
- Hotel dapat memblocking kamar, sehingga tingkat hunian kamar dapat diketahui dalam jangka waktu tertentu.
- Hotel dapat membuat perkiraan, sehingga perkiraan tingkat hunian kamar pada periode tertentu pula sehingga memudahkan pengaturan kebutuhan dan pelayanan kepada pihak tamu.
Sedangkan manfaat yang dapat diperoleh jika tamu melakukan
pemesanan kamar yaitu:
- Tamu
mendapatkan kamar yang telah dipesan sudah tersedia pada saat check in.
- Tamu
dapat memperkirakan berapa biaya yang harus dikeluarkan selama menginap di
hotel.
v Klasifikasi reservasi
(classification of reservations)
a. Individual reservation
Pemesanan kamar untuk seorang calon tamu, pasangan atau sebuah keluarga. Pemesanan kamar ini biasanya dilakukan sendiri oleh calon tamu atau oleh agen. Harga yang diberikan adalah harga normal atau harga paket (normal rates/package rates/ family plan rates).
b. Group reservation
Pemesanan kamar yang dibuat oleh agen perjalanan atau perusahaan dan biasanya secara spesifik satu jenis kamar. Seringkali harga yang diberikan adalah harga diskon (discount rates/ group rates).
c. Conference reservation
Pemesanan kamar untuk sebuah rombongan yang akan melakukan pertemuan di hotel. Pemesanan kamar ini biasanya dibuat oleh sebuah organisasi, perusahaan atau suatu asosiasi. Harga kamar yang diberikan biasanya adalah harga komersial.
Tipe, media & sumber pemesanan kamar/means and sources of reservations
Tipe pemesanan kamar/types of reservations
a. Pemesanan kamar bergaransi/guaranteed reservation
Guaranteed reservation adalah suatu pemesanan kamar yang disertai dengan jaminan pembayaran. Tujuan dari jaminan ini adalah untuk mendapatkan kepastian dari pihak hotel atas pemesanan kamar yang telah dilakukan. Kebijakan ini umumnya dilakukan pada saat musim ramai (peak season/ high season).
Adapun jenis-jenis dari guaranteed reservation adalah:
- Pre-payment; pembayaran yang dilakukan oleh para calon tamu untuk sejumlah harga kamar dan fasilitas yang dipesan selama tinggal sebelum mereka mempergunakan fasilitas/menempati kamar.
- Credit card adalah jaminan pemesanan kamar dengan menggunakan tagihan kartu kredit. Jaminan ini yang paling umum digunakan untuk saat ini.
- Advance deposit: pembayaran yang dikirimkan/dibayarkan oleh calon tamu kepada pihak hotel dalam jumlah tertentu, paling sedikit pembayaran harga kamar untuk satu malam atau lebih dan kurang dari harga keseluruhan selama tinggal.
- Contractual agreement (corporate); sebuah bentuk kerjasama dimana perusahaan menyetujui untuk membayar sejumlah kamar kepada pihak hotel. Pembayaran tersebut dilakukan bila kamar digunakan atau tidak digunakan sesuai dengan yang sudah tertera pada surat kesepakatan.
- Travel agent voucher; jaminan pemesanan kamar yang dilakukan oleh pihak biro perjalanan yang jaminannya berupa voucher .
b. Pemesanan kamar tidak bergaransi/non-guaranteed reservation
Non guaranteed reservation adalah suatu pemesanan kamar yang tidak disertai jaminan apapun. Pihak hotel hanya akan memastikan kamar yang telah dipesan tersedia, sampai pada batas waktu yang telah ditentukan saat tanggal kedatangan. Umumnya batas waktu tersebut adalah pukul 18.00 waktu setempat. Hal ini sering disebut juga dengan istilah 6 pm release.
a. Individual reservation
Pemesanan kamar untuk seorang calon tamu, pasangan atau sebuah keluarga. Pemesanan kamar ini biasanya dilakukan sendiri oleh calon tamu atau oleh agen. Harga yang diberikan adalah harga normal atau harga paket (normal rates/package rates/ family plan rates).
b. Group reservation
Pemesanan kamar yang dibuat oleh agen perjalanan atau perusahaan dan biasanya secara spesifik satu jenis kamar. Seringkali harga yang diberikan adalah harga diskon (discount rates/ group rates).
c. Conference reservation
Pemesanan kamar untuk sebuah rombongan yang akan melakukan pertemuan di hotel. Pemesanan kamar ini biasanya dibuat oleh sebuah organisasi, perusahaan atau suatu asosiasi. Harga kamar yang diberikan biasanya adalah harga komersial.
Tipe, media & sumber pemesanan kamar/means and sources of reservations
Tipe pemesanan kamar/types of reservations
a. Pemesanan kamar bergaransi/guaranteed reservation
Guaranteed reservation adalah suatu pemesanan kamar yang disertai dengan jaminan pembayaran. Tujuan dari jaminan ini adalah untuk mendapatkan kepastian dari pihak hotel atas pemesanan kamar yang telah dilakukan. Kebijakan ini umumnya dilakukan pada saat musim ramai (peak season/ high season).
Adapun jenis-jenis dari guaranteed reservation adalah:
- Pre-payment; pembayaran yang dilakukan oleh para calon tamu untuk sejumlah harga kamar dan fasilitas yang dipesan selama tinggal sebelum mereka mempergunakan fasilitas/menempati kamar.
- Credit card adalah jaminan pemesanan kamar dengan menggunakan tagihan kartu kredit. Jaminan ini yang paling umum digunakan untuk saat ini.
- Advance deposit: pembayaran yang dikirimkan/dibayarkan oleh calon tamu kepada pihak hotel dalam jumlah tertentu, paling sedikit pembayaran harga kamar untuk satu malam atau lebih dan kurang dari harga keseluruhan selama tinggal.
- Contractual agreement (corporate); sebuah bentuk kerjasama dimana perusahaan menyetujui untuk membayar sejumlah kamar kepada pihak hotel. Pembayaran tersebut dilakukan bila kamar digunakan atau tidak digunakan sesuai dengan yang sudah tertera pada surat kesepakatan.
- Travel agent voucher; jaminan pemesanan kamar yang dilakukan oleh pihak biro perjalanan yang jaminannya berupa voucher .
b. Pemesanan kamar tidak bergaransi/non-guaranteed reservation
Non guaranteed reservation adalah suatu pemesanan kamar yang tidak disertai jaminan apapun. Pihak hotel hanya akan memastikan kamar yang telah dipesan tersedia, sampai pada batas waktu yang telah ditentukan saat tanggal kedatangan. Umumnya batas waktu tersebut adalah pukul 18.00 waktu setempat. Hal ini sering disebut juga dengan istilah 6 pm release.
c.
Confirmed reservation.
Pemesanan kamar yang telah disetujui oleh pihak hotel dengan bukti surat kepastian tentang pemesanan kamar(confirmation letter) yang dikirimkan kepada tamu yang bersangkutan. Confirmation letter ini harus dibawa oleh tamu pada saat check-in sebagai bukti untuk memperoleh kamar.
Pemesanan kamar yang telah disetujui oleh pihak hotel dengan bukti surat kepastian tentang pemesanan kamar(confirmation letter) yang dikirimkan kepada tamu yang bersangkutan. Confirmation letter ini harus dibawa oleh tamu pada saat check-in sebagai bukti untuk memperoleh kamar.
BELL
BOY
☻ NAMA JABATAN : BELL BOY
☻ DIVISI : ROOM DIVISION
☻ DEPARTEMEN : FRONT OFFICE
☻ NAMA JABATAN : BELL BOY
☻ DIVISI : ROOM DIVISION
☻ DEPARTEMEN : FRONT OFFICE
TANGGUNG
JAWAB BELL BOY (Bellboy Responsibility)
Memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada tamu pada waktu check-in dan check-out serta tugas lainnya atas permintaan manajemen.
Memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada tamu pada waktu check-in dan check-out serta tugas lainnya atas permintaan manajemen.
URAIAN
TUGAS BELL BOY
- Mengantar
tamu ke reception dan membawakan barang-barang tamu check-in
-
Menerima kunci kamar dari receptionist kemudian mengantarkan tamubersama
barangnya ke kamar yang telah ditentukan.
- Membantu membawakan
barang-barang tamu yang tinggal di hotel pada saat check-out dan memberikan
keterangan pada tamu tentang fasilitas hotel serta serta peralatan dan
perlengkapan kamar.
- Memeriksa kelengkapan
fasilitas kamar pada saat akan mengantar tamu check-out dan meminta kunci kamar
tamu serta mengembalikannya kereception.
- Membawakan barang-barang
tamu serta mengantar tamu ke front desk untuk menyelesaikan rekening atau guest
billnya.
RECEPTION
☻ NAMA JABATAN :
RECEPTIONIST
☻ DIVISI
: ROOM DIVISION
☻ DEPARTEMEN
: FRONT OFFICE
TANGGUNG
JAWAB RECEPTIONIST
Melayani tamu secara efisien, ramah tamah dan professional di Front Desk, juga selalu meningkatkan dan mempertahankan standard service & keramah tamahan dari waktu ke waktu.
Melayani tamu secara efisien, ramah tamah dan professional di Front Desk, juga selalu meningkatkan dan mempertahankan standard service & keramah tamahan dari waktu ke waktu.
URAIAN
TUGAS
Menguasai dan memahami:
- Check in dan check out prosedur
- Product Knowledge
- Melayani tamu check in dan check out.
- Melakukan penataan atas ketepatan formulir dan informasi.
- Mencatat data “Forwarding Address” tamu.
- Membantu tamu dalam pengisian Registration Card, memeriksa kelengkapan dan ketepatan pengisian.
Menguasai dan memahami:
- Check in dan check out prosedur
- Product Knowledge
- Melayani tamu check in dan check out.
- Melakukan penataan atas ketepatan formulir dan informasi.
- Mencatat data “Forwarding Address” tamu.
- Membantu tamu dalam pengisian Registration Card, memeriksa kelengkapan dan ketepatan pengisian.
-Meminta
meng-copy kartu pengenal/Passport tamu bila merasa perlu.
-Memberikan kunci kamar sesuai dengan tipe kamar yang diminta.
-Memberikan kunci kamar sesuai dengan tipe kamar yang diminta.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar